√ Pesona Objek Wisata Taman Nasional Karimun Jawa - TravelMei

Jumat, 14 Februari 2014

Pesona Objek Wisata Taman Nasional Karimun Jawa

Pesona Objek Wisata Taman Nasional Karimun Jawa  - Sahabat Alam, pada kesempatan kali ini Travel Mai akan membagikan informasi tentang Pesona Objek Wisata Taman Nasional Karimun Jawa. Berikut informasinya.
Pesona Objek Wisata Taman Nasional Karimun Jawa
Taman Nasional Karimun Jawa merupakan objek wisata yang banyak di bicarakan wisatawan baik lokal maupun mancaneraga karena pesonanya yang indah. Tidak sedikit yang mengatakan Pulau Karimun termasuk salah satu dari 10 objek wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan.

Yang tadinya hanya pulau biasa, pada Tahun 2001 pulau karimun di tetapkan sebagai Taman Nasional Karimun dengan luas wilayah berkisar 111.626 ha. Letak Pulau Karimun sendiri berada di kecamatan Karimun Kabupaten Jepara Propinsi Jawa Tengah, Dengan 27 gugusan pulau yang pada umumnya merupakan hutan tropis daratan rendah manjadikan Taman Nasional Karimun mempunyai udara yang segar dan masih alami. Hanya 5 pulau yang di tempati oleh penduduk yaitu pulau Pulau Kemujan, Pulau Parang, Pulau Nyamuk, dan Pulau Genting.

Dengan kondisi alam yang masi alami Taman Nasional Karimun menawarkan pesona kesegaran dan kesejukan alam. Dengan berbagai flora seperti hutan mangrove, terumbu karang, dan hutan tropis daratan rendah. Sedangkan faunanya yang terdiri dari kera ekor panjang, rusa, dan berbagi jenis lainnya. Dan juga di Taman Nasional Karimun anda dapat juga menemukan dua jenis fauna langka yang mungkin sulit anda temui di daerah lain, yaitu burung elang laut yang mempunyai warna dada putih, dan dua jenis penyu (penyu sisik dan penyu hijau). Fauna langka ini dapat anda temukan di daerah pulau Burung dan pulau Geleang.

Akses menuju Objek Wisata Taman Nasional Karimun Jawa Tengah

Pada jalur udara anda dapat menuju Bandara Ahmad Yani Semarang, Setelah sampai di bandara anda akan menaiki pesawat jenis Cassa 212 yang di sediakan PT. Wisata Laut Nusa Permai(kura-kura resort) menuju lapangan udara Dewadara dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit.

Jika anda menggunakan jalur laut anda dapat lewat melalui pelabuhan Tanjung Emas Semarang atau Pelabuahan Kartini Jepara. Kalau anda melewati pelabuhan Kartini Jepara, anda dapat menggunakan Kapal motor Muria yang berangkat setiap hari Rabu dan Sabtu pada jam 09.00 WIB dengan biaya perjalanan sekitar Rp 63.000 untuk kelas bisnis dan Rp 83.000 untuk kelas eksekutif. Jika anda melewati pelabuhan Tanjung Mas Semarang, anda bisa menggunakan kapal motor Kartini dengan jadwal pemberangkatan, Senin pada jam 07.00 WIB dengan biaya bekisar Rp 108.000 untuk kelas bisnis dan Rp 120.000 untuk kelas eksekutif, serta pada hari Sabtu jam 09.00 WIB.

Kalau anda ingin berkeliling dari satu pulau ke pulau yang lainnya, di sini juga terdapat penyewaan kapal yang dapat mengantarkan anda berkeliling ke pilau-pulau yang ada di sekitaran kawasan Objek Wisata Taman Nasional Karimun Jawa. Dengan tarif berkisaran antara Rp 250.000 sampai Rp 450.000 tergantung jauh atau tidaknya jarak yang di tempuh.

Objek Wisata Taman Nasional Karimun Jawa sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari hotel, penginapan, kios-kios (kios buah, cendrammata, dll), tempat-tempat penyewaan (penyewaan alat-alat memancing, alat-alat renang, menyelam), dan juga penyewaan kapal yang mempunyai kelebiahan bisa melihat pesona ekosistem bawah laut dengan menggunakan kaca pada bagian bawah kapal untuk jalan-jalan mengitari lautan yang ada di kawasan Objek Wisata Taman Nasional Karimun ini.

Ada satu lagi yang kamu harus kunjungi saat datang ke Objek Wisata Taman Nasional Karimun yaitu akuarium laut yang berada di pulau Manjangan Besar, di sana anda dapat melihat pesona ikan hias dan ikan hiu serta ikan-ikan yang lainnya.

Demikianlah informasi Objek Wisata Taman Nasional Karimun Jawa yang dapat Travel Mei bakikan kali ini semoga bermenfaat. Baca juga Objek Wisata Bogor Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Get notifications from this blog