√ Objek Wisata Papua Taman Nasional Teluk Cendrawasih - TravelMei

Minggu, 09 Februari 2014

Objek Wisata Papua Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Objek Wisata Papua Taman Nasional Teluk Cendrawasih - Sahabat Alam semuanya kali ini Travel Mei akan membagikan informasi keindahan Teluk yang berada di Indonesia bagian timur yaitu Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang berada di Papua. Selengkapnya silahkan baca di bawah ini.
Objek Wisata Papua Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Papua memiliki banyak kenindahan alam salah satunya adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang merupakan Teman perairan laut terluas di Indonesia. Luas perairan ini mencapai 1.453.500 ha yang terdiri dari pesisir pantai (0.9%), daratan (3,8%), terumbu karang (5,5%), dan perairan (89,8%). Selain keindahan Teluknya Taman Nasional Teluk Cendrawasih memiliki flora yang di lindungi sekitar 14 jenis flora yang sebagian besar adalah jenis pohon Kasuarina.

Di kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih tersebut, anda dapat juga menikmati wisata bahari, Pulau Nusrowi, pulau Yoop, dan Pulau Mioswaar yang keindahanya tidak kala menarik dengan Taman Nasional Teluk cendrawasih. Keindahan Taman Nasional Teluk Cendrawasih tidak hanya sebatas daratan saja keindahan bawah lautnya tidak kalah menarik, anda dapat menyelam untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Seandainya anda ingin menjelajahi gua, anda dapat menunjungi Pulau Mioswaar. Di sana terdapat gua peninggalan zaman purba. Gua tersebut juga menyimpan sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam yang sangat baik untuk kesehatan, yang menambah daya tarik gua ini. karena masih terdapat kerangka leluhur etnis Wandau oleh karena itu gua tersebut di sebut gua bersejarah.

Apabila anda menginginkan suasana yang berbeda dengan gua yang terdapat di Mioswaar anda dapat berkunjung ke Tanjung Mangguar, di sana terdapat gua dalam air dengan kedalaman 100 kaki. Di Pulau Numfor, juga terdapat gua yang di dalamnya terdapat piring-piring orang zaman dahulu serta peti-peti yang berukir dan tengkorak manusia yang menambah suasana seram gua tersebut.

Selain gua ada juga Pulau Rumberpon, yang menawarkan keindahan faunanya. Di pulau tersebut anda dapat melakukan pengamatan terhadap burung, dan penangkalan rusa. Selain fauna ada juga wisata bahari dan tidak ketinggalan kerangka pesawat tempur Jepang yang tenggelam saat perang Dunia II, menambah keindahan pulau tersebut.


Akses Menuju Objek Wisata Papua Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Untuk menuju Objek Wisata Taman Nasional Teluk Cendrawasih ada dua cara yaitu dari dari Manokwari atau dari Nabire

Dari Manokwari ke lokasi Objek Wisata Taman Nasional Teluk Cendrawasih dapat di tempuh dengan jarak 95 km dengan menggunakan berbagai cara antara lain:
  • kapal motor yang datang 3 kali seminggu dengan lama perjalanan 2,5 jam
  • Motor tempel dengan waktu tempuh sekitar 6-10 jam
  • Kapal Perintis Pelni dengan waktu yang di tempuh 10-20 jam (kapal ini biasanya 1 kali dalam sebulan singga ke Taman Nasional Teluk Cendrawasih)
  • Pesawat jenis Twin Offer milik Merpati Nusantara atau Casna milik MAF ( setelah perjalan udara anda harus melanjutkan lagi dengan menggunakan motor tempel selama 3-4 jam)

Kalau anda melalui Nabire, anda akan menempuh perjalanan 2-6 jam menggunakan perahu motor dengan jarak 38 km.

Untuk masuk ke Objek Wisata Taman Nasional Teluk Cendrawasih anda tidak akan dikenai biaya tiket, Hanya saja, harus melapor ke Balai Taman Nasional Teluk Cendrawasih (BTNTC) di Manokwari untuk mendapatakan Surat Izin Masuk Lokasi (Simaksi). Sementara itu, bagi wisatawan mancanegara diharuskan memperoleh izin masuk dari Departemen Kehutanan. Dianjurkan saat anda ingin menjelajahi tempat-tempat yang menantang menggunakan bantuan pemandu, sertakan keinginan tersebut dalam surat permohonan izin ke BTNTC. Nantinya pihak BTNTC yang akan menunjuk pendamping.

Jika anda ingin menginap saat berlibur di Kawasan Objek Wisata Taman Nasional Teluk Cendrawasih, anda bisa menggunakan pondok wisata BTNTC yang berada di Distrik Rumbpon atau di rumah-rumah penduduk sekitar. Untuk menginap di pondok wisata BTNTC, anda dapat langsung menghubungi BTNTC secara langsung.

Demikianlah informasi keindahan Objek Wisata Papua Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang dapat Tevel Mei bagikan kali ini semoga bermenfaat. Baca juga Pesona Objek Wisata Pantai Selat Baru Bengkalis Riau

Get notifications from this blog